Loading...

Tips Memilih Mainan Yang Baik Untuk Balita

Tips Memilih Mainan Yang Baik Untuk Balita - Masa amsa balita adalah dimana aktifnya seorang anak untuk bermain dengan suatu hal, dan hal yang paling identik dengan anak seusia ini adalah mainan. Setiap balita pasti selalu meminta mainan kepada orang tuanya untuk dimain mainkan, dengan bermain fungsi otak kanan dan otak kiri balita juga semakin teasalah tergantung dengan jenis mainan yang diberikan kepadanya, semakin tinggi tingkat fungsional mainan dalam proses pengembangan otak anak, maka semakin pesat pula perkembangan otak yang dtunjukan oleh anak itu sendiri.

Baca Juga :


Anda sebagai orang tua juga harus pintar pintar dalam memilih mainan yang baik untuk sang buah hati, pilihlah mainan yang memang memiliki fungsi lebih dalam meningkatkan daya pikir sang anak melalui mainan, karena sebagai kewajiban bagi adna sang orang tua untuk membelikan mainan yang baik untuk anak terutama balita. Maka dari itu pada ulasan ini saya akan memberikan anda Tips Memilih Mainan Yang Baik Untuk Balita  agar buah hati anda memilikli tingkat kecerdasan dan otak yang agus melalui mainan.

Pada dasarnya sebelum anda membelikan sebuah mainan untuk buah hati anda, anda harus memahami terlebihn dahulu fase fase umur dan mainan yang tepat untuk diberikan kepada anak anda, yaitu sebagai berikut :


  • 0-12 Bulan
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun Keatas

Tips Memilih Mainan Yang Baik Untuk Balita




1.Fase 0-12 Bulan

Difase ini anak lebih aktif dalam menderngarkan bunyi bunyian dan juga bentuyk mainan yang unik dan mencolok, namun pengelihatan hanya berjarak kurang kebih hingga 30 cm jadi pada saat memainkan suatu mainan kearah bayi, jangan terlalu jauh da juga jangan terklalu dekat. di usia 6 sampai 12 bulan anak sudah dapat merangkak, measakan sesuatu dan juga tengkurap jadi lebih efektif jika membelikan mainan yang memiliki tekstur yang bermacam macam dari lembut hingga kasar agar anak dapat mendefinisikan suatu permukaan.
Saran Mainan : Boneka yang dapat berbunyi dan memiliki tekstur lembut dan kasar.
Tips Memilih Mainan Yang Baik Untuk Balita

2.Fase 1 Tahun

Difase berikutnya yaitu fase 1 tahun, si anak sudah dapat berjalan anpa bantuan baik itu ke arah maju dan mundur walaupun masih belom teratur dalam melangkah. Terkadang ia sangat senang memutari suatu ruangan dengan berlari dan bermain, serta pada usia ini sang anak juga sudah mahir dalam memindahkan dan meletakan suatu barang. Jadi mainan yang cocok untuk anak usia 1 tahun adalah mainan yang berupa benda yang dapat disusun dengan warna yang berbeda supaya sang anak mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah antara memilih warna.
Saran Mainan : Balok warna warni yang dapat disusun

3.Fase 2 Tahun

Kemudian adalah di fase 2 tahun, di fase ini ank sudah dapat berjalan denganlancar dan juga berlari tanpa ragu sedikitpun, mereka juga sudah dapat memanjat kursi dan melompat lompat, ucapan ucapannya juga sudah mulai jelas untuk didengar. Disamping itu ia juga sudah dapat menulis walaupun hanya dapat mencoet coret dan tulisannya tidak begitu jelas dibaca, namun and dapat mengejarinya sedikit demi sedikit mengenai angka dan tulisan.
Saran Mainan : Buku Audio, Bola


3. Fase 3 Tahun Ke Atas

Dan fase yang terakhir adalah umur 3 tahun keatas, di umur ini anak lebih aktif dalam melakukan sesuatu dan lebih tertarik untuk mengeksplorasi atau menjelajahi suatu ruang lingkup yang dirasa olehnya menyenangkan. Mainan yang sangat dianjurkan untuk fase ini adalah mainan yang berfungsi sebagai alat penyeimbang tubuh yang menyenangkan serta melatih keseimbangan otak kanan dan otak kiri.
Saran Mainan : Sepeda roda bantu,mainan bongkar pasang, puzzle


Itulah beberapa tips yang dapat saya berikan dalam Memilih Mainan Yang Baik Untuk Balita, anda juga perlu menganalisa terlebih dahulu apakah mainan yang anda beli memang berguna bagi anak anda dalam arti mengasah otak dan melatih kecerdasannya sejak dii, dan ingat bahwa dalam membeli mainan utamakan Kualitas Bukan Kuantitas. Demikian ulasan yang dapat saya sampaikan, semoga dapat berguna bagi anda dan sang buah hati anda,terima kasih sudah membaca ulasan saya kali ini.