TANDA-TANDA KEHAMILAN MINGGU PERTAMA YANG PASTI


Tanda-tanda kehamilan - Semua wanita pasti ingin tau bagaimana ciri ciri wanita hamil. Karena biasanya tanda-tanda awal kehamilan memang sangat di nantikan oleh seorang wanita yang sudah menikah, dengan adanya kehamilan rumah tangga bagaikan diberi sebuah anugerah yang besar oleh Tuhan Yang Maha Esa, selain itu hal ini juga menandakan bahwa pasangan suami istri memiliki tingkat kesuburan yang cukup baik, jika tanda-tanda hamil atau ciri-ciri orang hamil telah datang, maka buah hati yang didambakan selama ini hanya tinggal menunggu waktu saja, dan rasanya sebuah keluarga akan terasa begitu lengkap dengan kehadiran si buah hati
tanda-tanda hamil di usia muda

Tetapi ada banyak juga dari pasangan suami istri yang belum mengetahui dengan pasti tanda-tanda kehamilan itu. Bahkan ada yang belum bisa membedakan bagaimana ciri-ciri hamil muda dengan tanda-tanda datangnya menstruasi, dikarenakan banyak kasus yang terjadi itu ciri-ciri wanita hamil agak mirip dengan ciri-ciri menstruasi. Yang mengerikan jika Bunda tidak tahu tanda-tanda kehamilan adalah dapat menyebabkan terjadinya keguguran.

Penyebab keguguran tersebut dapat disebabkan karena Bunda masih saja melakukan aktivitas dan konsumsi makanan yang dilarang pada saat wanita hamil, sedangkan yang terjadi Anda sedang hamil. Selain itu jika Bunda tidak tahu akan datangnya tanda-tanda kehamilan maka persiapan yang matang untuk menyambut kehamilan akan terlupakan. Namun ada sebaliknya dari beberapa pasangan suami istri ada yang kebingungan dan stres disebabkan tanda-tanda hamil yang mereka duga ternyata hasilnya negatif, sehingga hilang dan buyar lah semua bayangan mengenai sang buah hati.

video ciri ciri hamil


Biasanya seorang wanita hanya menilai tanda kehamilan dengan melihat beberapa sebab saja, yaitu menstruasi yang datang terlambat. Hal ini memang dibenarkan, kalau ciri-ciri hamil adalah terlambatnya seorang wanita menstruasi. Namun perlu juga Anda ketahui, menstruasi yang datang terlambat bukan hanya disebabkan oleh kehamilan saja, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi telatnya menstruasi contohnya seperti, kelelahan, gangguan hormonal, stres, dan lainnya. Untuk itu agar Anda bisa memastikan tanda-tanda wanita hamil, baiknya Anda simak dibawah ini.

1. Ukuran Dada Membesar

Salah satu ciri-ciri orang hamil adalah membesarnya ukuran dada, dikarenakan hormon progesteron dan esterogen semakin meningkat. Dan setelah itu tekstur dada juga akan semakin lembut, dan menyebabkan rasa sensitif yang tinggi pada bagian dada, bahkan saat disentuh akan terasa sakit. Puting susu juga akan membesar dan warna puting akan semakin gelap, ditambah rasa gatal. Lalu akan ada peningkatan aktivitas hormon HPL, hormon HPL sendiri di produksi oleh tubuh saat Bunda sedang hamil untuk mempersiapkan ASI untuk buah hati Bunda saat lahir nanti

2. Munculnya bercak darah dan di ikuti kram perut

Pada 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi biasanya akan muncul bercak darah sebelum menstruasi. Hal ini disebabkan oleh implantasi, bisa disebut juga menempelnya dinding rahim dengan embrio. Nah ini yang sering di salah artikan oleh banyak wanita, karena biasanya bercak darah ini dianggap sebagai menstruasi oleh banyak wanita padahal ini adalah salah satu tanda-tanda mengandung.

Biasanya bercak darah ini juga akan mengakibatkan kram pada perut, namun kram pada saat hamil ini bisa terjadi secara teratur, dan bunda akan mengalami kram perut ini sampai masa kehamilan trimester kedua. kram ini akan berhenti sampai letak uterus sudah berada ditengah.

3. Mual dan Muntah

Hampir semua wanita akan mengalami mual dan muntah sebagai tanda tanda hamil muda. Ini disebabkan peningkatan hormon di dalam aliran darah yang muncul tiba-tiba. hormon ini disebut hormon HCG, bahkan hormon ini juga akan meningkat pada saluran air seni. sebab itulah kehamilan dapat di tes menggunakan test pack. Rasa mual akan terus terjadi sampai masa hamil trimester kedua, ada baiknya segera konsultasikan hal ini pada dokter, karena rasa muntah dan mual ini akan mengganggu proses kehamilan Bunda.

4. Pusing Dan Sakit kepala

Ciri-ciri orang hamil yang lain adalah sering pusing. Faktor fisik dapat menyebabkan gangguan sakit kepala dan pusing pada saat kehamilan, hal ini disebabkan karena rasa mual, lapar, tekanan darah rendah, dan lelah. Selain itu akan terjadi rasa tegang dan depresi. rasa pusing juga bisa disebabkan karena adanya peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh. bahkan hal ini dapat menyebabkan rasa ngantuk yang berlebihan

5. Telat Haid

Tanda-tanda kehamilan lain biasanya jika Bunda sudah telat haid, maka rasa keinginan untuk buang air kecil akan terlalu sering dari sebelumnya, penyebab hal ini karena adanya peningkatan sirkulasi darah yang disebabkan tekanan kandung kemih yang terus menekan rahim. karena kandung kemih telah penuh oleh urine sehingga menyebabkan buang air kecil yang terlalu sering, namun jangan pernah Bunda untuk menahan rasa keinginan buang air kecil ini, selain itu jangan lupa untuk terus minum air 8 gelas perhari untuk menghindari dehidrasi.


6. Sering mengantuk

Pada masa awal kehamilan dapat juga menyebabkan rasa kantuk dan lelah, hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormonal, tapi bisa juga disebabkan oleh kinerja dari beberapa organ vital salah satunya adalah jantung, paru-paru, dan ginjal semakin meningkat. perut yang kian membesar juga akan sedikit membebani tubuh bunda pada masa awal kehamilan

7. Sering meludah

Tanda2 kehamilan yang lain adalah anda akan sering meludah, hal ini disebabkan oleh perubahan hormon esterogen, hal ini bisa terjadi pada kehamilan trimester pertama, dan biasanya akan menghilang pada masa hamil trimester kedua.

8. Sembelit

Hormon progesteron yang semakin meningkat akan menyebabkan rasa sembelit sebagai gejala hamil, hormon ini juga akan mengendurkan otot-otot dinding usus dan otot rahim yang pada akhirnya akan menimbulkan rasa sembelit. Tetap hal ini juga dapat menguntungkan Bunda saat masa kehamilan, karena dapat memungkinkan penyerapan nutrisi yang baik untuk tubuh

9. Naiknya temperatur basal tubuh

Tanda pasti hamil yang lain biasanya Bunda akan mengalami peningkatan suhu basal tubuh, kondisi ini akan terus terjadi pada masa awal kehamilan Bunda, bahkan hal ini tidak akan menurun ke kondisi sebelum ovulasi terjadi.

Baca juga Bunda :

Ciri - ciri hamil muda yang sering tidak disadari
Tips cepat hamil secara alami dan aman
Cara membuat anak perempuan yang cantik
Cara membuat anak yang baik dan benar
Cara membuat anak sesuai syariat islam, KOMPLIT plus VIDEO

jawaban ringkas dari pertanyaan yang sering di ajukan kepada bu dokter:
1. Tanda pasti hamil itu apa dok?
Jawab: sudah dijelaskan seperti di atas, tapi ingat tiap orang berbeda dan ada yang mengalami tanda tanda awal kehamilan seperti di atas, ada juga yang tidak. setiap ibu hamil sangatlah unik.

2. Apakah pusing tanda hamil? Ciri ciri pusing karena hamil itu apa dok, bedanya sama pusing tidak hamil apa?
jawab: bisa iya bisa tidak. lihat penjelasan no 4 di atas

3. Sakit kepala mual dan pusing apakah gejala hamil?
Jawab: biasanya iya khususnya jika masih hamil muda

4. Apakah sembelit tanda hamil?
jawab: tiap orang tidak sama, tapi biasanya iya sembelit adalah salah satu tanda hamil

5. tanda kehamilan minggu pertama apa dok?
jawab: sudah di jelaksan di atas

6. Apakah puting sakit tanda hamil.
jawab: iya biasanya orang hamil mengalami perubahan hormon, salah satunya adalah yang terjadi di puting sang ibu hamil yang terasa nyeri

7. payudara atau puting terasa gatal apakah tanda kehamilan
Jawab: bisa iya bisa tidak, jika payudara disertai sakit nyeri biasanya ia

8. perut terasa begah apakah tanda hamil
Jawab: iya, beberepa ibu hamil merasa seperti itu

9. apakah warna puting saat hamil 1 minggu berbeda dari warna puting susu yang biasanya
jawab: biasanya ibu hamil 10 hari belum mengalami perubahan warna dan bentuk. namun jika sudah beberapa bulan baru hormon yang nanti berfungsi memproduksi air asi bekerja



video tanda tanda awal kehamilan

Tanda-tanda hamil diatas bersifat personal, dan tanda awal kehamilan tersebut belum tentu dialami oleh semua wanita, namun jika bunda ingin lebih memastikan datangnya tanda-tanda kehamilan baiknya dilakukan test kehamilan salah satunya menggunakan test pack. Cukup sekian Bunda, artikel mengenai Tanda-tanda awal kehamilan di minggu pertama, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel