Loading...

Gerakan Senam Ibu Hamil Dan Manfaatnya Bagi Kandungan


Manfaat gerakan Senam Ibu Hamil untuk memperlancar persalinan - Seorang ibu hamil meskipun sedang mengandung janin tidak lantas Dia harus bermalas-malasan untuk berolah raga, seorang ibu hamil juga harus aktif dalam melatih kesehatan tubuh demi janin yang ada di dalam perutnya. Dan salah satu yang paling baik untuk melatih serta dapat memperlancar persalinan nanti adalah dengan melakukan senam hamil. Senam hamil juga akan membuat Bunda tidak panik saat persalinan nanti. Maka dari itu Senam hamil begitu banyak manfaatnya, mau tau apa saja itu? yuk Bunda Kita simak seperti di bawah ini.

gerakan senam ibu hamil

1. Melatih Teknik Pernapasan

Senam hamil juga sangat bermanfaat untuk melatih pernapasan Bunda, karena senam hamil akan melatih Bunda untuk mendapatkan oksigen yang optimal, dan jika masa melahirkan akan tiba, Bunda tidak akan kesulitan untuk mengatur pernapasan.

2. Memperkuat Kelenturan otot Dinding Perut

Saat proses kehamilan biasanya nyeri pada bagian perut dan bok0ng akan dialami oleh ibu-ibu hamil, jadi jika Bunda sering melakukan senam hamil, elastisitas pada beberapa otot yang terdapat pada dinding perut akan semakin menguat. jadi rasa nyeri yang terdapat pada bok0ng dan perut yang disebabkan proses kehamilan bisa berkurang

3. Melatih Relaksasi

Saat Bunda sedang menjalani proses kehamilan, sebuah relaksasi pada tubuh sangat dibutuhkan, selain untuk mencegah timbulnya stres, relaksasi juga baik untuk perkembangan janin, sehingga bisa mengurangi rasa tegang saat proses persalinan nanti.

4. Melancarkan Proses melahirkan

Nah ini adalah manfaat terpenting senam hamil yaitu dapat memperlancar persalinan Ibu nanti. bahkan para pakar mengatakan Jika seorang Ibu melakukan kegiatan senam hamil secara teratur, maka kesulitan saat menjalani proses melahirkan akan berkurang.

Bagaimana Bunda, sangat banyak kan manfaat senam hamil itu? dengan melakukan senam hamil, khasiatnya juga dapat dirasakan oleh calon bayi Bunda yang masih ada di dalam kandungan. Namun ada baiknya Bunda konsultasikan terlebih dahulu hal ini pada dokter jika ingin melakukan senam hamil.,

 Meski khasiat senam hamil sangat banyak, tetap saja ada aturannya, karena ada beberapa ibu hamil yang tidak boleh melakukannya. adapun syaratnya seperti berikut:
  • Seorang Ibu yang sudah mengalami masa kehamilan 22 minggu
  • Sudah mendapatkan persetujuan dar bidan atau pun dokter, untuk mengetahui kalau Bunda tidak punya gangguan kesehatan saat senam
  • Hentikan senam jika terjadi keluhan seperti, pendarahan, nyeri, dan sering kontraksi. Lalu tanyakan hal tersebut pada dokter.
  • Ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit paru, kelainan letak plasenta, hipertensi, pendarahan, dan preeklamsia, tidak disarankan untuk melakukan program senam hamil. demi keamanan lebih baik tanyakan dulu pada dokter

Baca juga Bunda :

Ciri ciri hamil muda - Tanda tanda Kehamilan Minggu Pertama Yang Pasti

Cukup sampai disini Bunda, artikel tentang manfaat gerakan senam hamil saat ibu hamil. semoga bermanfaat. jangan lupa bagikan artikel ini Bunda.. bye..