Loading...

Video Cara Memijat Bayi Dan Manfaat Kesehatan Pijat Bayi


Cara memijat Bayi dan manfaatnya - Bayi merupakan anugerah yang terindah yang diberikan tuhan pada sebuah keluarga, Bayi yang masih kecil memang sangat imut dan menggemaskan, sehingga persiapan yang matang untuk menyambut kehadiran bayi akan di persiapkan oleh calon Ibu. Dan saat bayi telah lahir, pasti seorang Ibu dan ayahnya akan berusaha keras merawat bayi mungilnya tersebut, lalu salah satunya yang Bunda harus ketahui dalam merawat bayi adalah cara memijat bayi. kedengarannya memang aneh jika mendengar pijat bayi. Namun apakah bunda tahu apa pijat bayi itu? sebetulnya pijat bayi itu sangat bermanfaat. lalu apa saja manfaatnya? yuk simak dibawah ini.

cara pijat bayi

Pijat Bayi

Ketika seorang ibu memandikan bayi, semua itu pasti akan dilakukannya dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang, Semua itu pasti dilakukan dengan penuh rasa hati-hati, perlakuan itu sama dilakukan saat Bunda memijat Bayi. karena pemijatan bayi harus dilakukan secara lembut dan penuh rasa hati-hati.

Mungkin bagi sebagian orang pijat bayi masih terdengar asing di sebagian para orang tua. Kalau saja ibu tahu, sebenarnya melakukan pijat bayi itu sangat menyenangkan, karena Orang tua bisa berkomunikasi secara fisik maupun batin, bahkan seorang Ibu tanpa sadar akan berbicara dan bersenandung untuk si bayi saat di pijat, dan biasanya semua tawa dan celoteh orang tua akan dibalas oleh senyuman bayi

Tujuan Dan Manfaat Pijat Bayi

Apa tujuan memijat bayi dan manfaat pijat bayi?

1. Pernyataan kasih sayang

Saat bayi merasakan di pijat, dia akan merasakan kelembutan tangan serta cinta kasih dari Bunda, rasa kasih sayang adalah hal yang terpenting untuk pertumbuhan bayi, karena Bayi bisa merasakan bagaimana sentuhan hangat belaian tangan orang tua yang begitu menyayanginya

2. Menguatkan otot bayi

pijatan yang diberikan oleh sang ibu sangat bermanfaat untuk menguatkan otot-otot bayi.

3. Membuat bayi lebih sehat

Manfaat pijat bayi juga sangat baik untuk memperlancar peredaran darah, dapat membantu memperbaiki pernafasan bayi, serta dapat membantu proses pencernaan, bahkan pijat bayi sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh bayi

4. Membantu pertumbuhan

dari beberapa penelitian menjelaskan, berat badan serta tumbuh kembang bayi akan lebih baik dengan pijat bayi. bahkan bagi bayi yang premature, sangat berguna karena dapat menambah berat badan bayi hingga 47% dibandingkan dengan bayi premature yang tidak dipijat.

5. Meningkatkan kesanggupan belajar

Pijat bayi dapat merangsang indra pendengaran. indra penglihatan, dan indra peraba sang bayi. bahkan dapat meningkatkan daya ingat bayi, sehingga akan lebih mudah untuk kesanggupan belajar bayi secara cepat nanti.

6. Membuat bayi tenang

Bayi akan rileks dan merasa tenang saat dipijat, sama halnya seperti orang dewasa, sehingga pijat bayi juga sangat bermanfaat untuk membuat anak mudah tidur terlelap.

Cara Memijat Bayi

Yang pertama dilakukan saat memijat bayi yaitu dengan melakukan usapan kecil dan lembut pada bagian telapak kaki dan kaki bayi. Kemudian diteruskan ke bagian punggung, perut, dada, muka dan lengan bayi. lakukan pijatan dengan lembut, dan rileks, dan beri sedikit senyuman dan pandangan mata yang penuh kasih sayang sehingga sang buah hati akan merasa nyaman. kalau bisa sebelum memijat, belailah dan tatap mata sang bayi seakan-akan Bunda ingin meminta ijin memijat pada bayi

Pijat bayi juga bisa dilakukan pada bayi yang umurnya masih kurang satu tahun, untuk waktu pemijatan, bunda bisa melakukannya setiap hari, waktunya untuk malam hari sebelum bayi tidur, dan pagi hari pada saat bayi terbangun.

Sebelum memijat bayi ada baiknya bersihkan tangan Bunda terlebih dahulu, dan jangan gunakan perhiasan di tangan bunda seperti gelang atau cincin, karena ditakutkan dapat menggores kulit bayi yang yang masih lembut. Saat membaringkan bayi, perhatikan tempatnya agar bersih dan lembut. jangan lakukan pijatan bayi dalam kondisi bayi sedang lapar, karena jika itu dilakukan, sang bayi akan terlalu sering menangis dan tidak menikmati pijatan Bunda.

Baiknya sebelum melakukan pemijatan, Bunda bisa memberikan tubuh bayi dengan lotion dengan cara melumurinya. Awali pijatan dengan lembut, dan secara perlahan dan bertahap bunda bisa menambahkan tekanan yang memang pantas untuk seorang bayi.

Baca ini juga Bunda: Cara Merawat Bayi Baru Lahir Dengan Benar

Awali pijatan pada daerah kaki, pijatan pada area kaki sangat digemari oleh sang bayi. kemudian dapat dilanjutkan dengan area lainnya seperti punggung, perut, dada, dan wajah.

Namun ketika bayi menangis saat di pijat, lebih baik bunda menghentikan pemijatan, karena kemungkinan bayi sedang lapar , ingin tidur, ingin digendong, atau merasa sudah tidak nyaman di pijat. Jika pemijatan selesai, bersihkan tubuh bayi. untuk di pagi hari, setelah pemijatan selesai, bunda bisa melanjutkannya dengan memandikan sang bayi. namun untuk malam hari, baiknya bersihkan saja tubuh bayi menggunakan air hangat.

Bayi juga menginginkan sebuah ungkapan rasa kasih sayang dari orang tua, cara yang baik untuk mengungkapkannya adalah dengan cara pijat bayi. banyak manfaat yang akan didapatkan dari pijat bayi, jika dilakukan secara benar dan baik. Kalau begitu Cukup sekian artikel cara memijat bayi dan manfaatnya Bunda, semoga bermanfaat.


 Baca juga: