Cara Agar Anak Patuh Sama Orang Tua


Cara Agar Anak patuh sama orang tua - Kita semua tahu Bunda, bahwa mendidik anak emang tidak semudah yang kita kira sebelumnya, butuh kerja keras dan kesabaran. Sejak dilahirkan, Karakter anak memang berbeda-beda seperti ada yang patuh, nakal, suka membantah, bahkan terkadang seorang anak terang-terangan membantah atau melawan orang tua.

cara anak patuh sama ayah ibu

Bukan itu saja, saat ini banyak berita mengabarkan tentang seorang anak yang melawan orang tuanya, memukul, bahkan hingga pekelahian keras. Untuk itu Bunda, sebagai orang tua Kita harus pandai-pandai mendidik anak sejak kecil, agar setelah dewasa nanti anak tidak akan melawan dengan orang tau.
Untuk itu kami akan memberikan Cara mendidik anak agar patuh pada orang tua sejak dini. silahkan simak ulasanannya seperti dibawah ini Bunda.

1. Selalu mendoakan anak

Orang tua yang bijak dan baik adalah seorang orang tua yang selalu mendoakan anaknya, jadi walaupun anak bunda terasa menyebalkan, biarkan saja bunda yang penting Bunda harus tetap mendoakan. Minimal doakan anak dengan surat fatihah satu minggu sekali dan doakan agar anak menjadi penurut dan menjadi anak shaleh.

2. Menjadi Contoh yang baik untuk anak

Bukan hanya bisa berucap dan memerintahkan anak menjadi orang yang baik dan penurut, ada baiknya sikap baik dan santun diperlihatkan terlebih dahulu dari orang tua, karena biasanya seorang anak akan mengikuti sifat asli orang tua, dan dengan sendirinya tanpa Bunda suruh anak Bunda akan bersikap baik dan menjadi penurut.

3. Bersikap lembut saat menasihati anak

Janganlah pernah memarahi anak dengan perkataan kasar, yang ada anak tidak akan menyerap semua omongan yang diberikan bunda, bahkan si anak akan bertambah emosi. Menjadi orang tua yang tegas bukan berarti harus keras, Bunda bisa menghadapi dan menasihatinya dengan lembut. Jika anak sedang bermasalah, coba ajak anak bunda duduk berdua dan bicarakan semua permasalahannya dengan baik-baik secara pelan namun menusuk ke hati.

4. Konsisten

Berikan peraturan tetap pada anak, dan jangan sekali-kali Bunda mengubah peraturan yang sebelumnya sudah ditetapkan, hal ini agar anak Bunda dapat terlatih untuk disiplin dan mencari celah kesalahan serta peraturan yang pernah dibuat. Jika Bunda tetap konsisten dengan peraturan, maka walaupun tidak diperintah, anak Bunda akan menjadi penurut.

5. Menjelaskan maksud dan tujuannya

Disaat Bunda membuat peraturan, dan perintah. Ada baiknya Bunda harus menjelaskan dengan baik kenapa perintah dan peraturan itu dibuat. Agar mereka mengeti dan tidak salah paham dengan perintah yang dibuat Bunda. Jelaskan saja bahwa ini demi kebaikan si anak

6. Puji anak

Sesekali Bunda bisa memuji anak, saat anak melakukan kebaikan. terkadang pujian dan sanjungan akan membuat anak merasa diperhatikan dan tidak diabaikan apa yang telah diperbuatnya. kalau bisa berikan anak hadiah saat Bunda melihat anak bunda menjadi patuh dan menurut dengan orang tua, bahkan saat anak berprestasi.

7. Menegur dengan halus

Jika anak Bunda melakukan kesalahan, baiknya bunda menasihati anak Bunda dengan halus dan baik-baik. Namun jika kesalahan tersebut masih dilakukan sang anak. Ada baiknya Bunda tidak perlu memarahi atau mengomelinya, berikan saja anak sebuah sanksi ringan seperti tidak boleh menonton kartun yang sangat disukainya, dan larang hal tersebut sampai anak mau merubah sikapnya.

8. Mendengarkan penjelasan anak

Saat Bunda telah menegur anak secara terus menerus, ada baiknya mulai saat ini Bunda mau mendengarkan penjelasan yang anak berikan. Dengarkanlah semua permasalahannya dan berikan solusi terbaik namun tetap dengan bahasa yang lembut agar lebih meresap ke dalam hatinya

Baca juga : Cara Mudah Dan Cepat Mengajarkan Anak Membaca

9. Jangan Gengsi untuk minta maaf sama anak

Disaat bunda telah memarahi anak secara habis-habisan, dan ternyata bunda menyadari anak tidak salah, ada baiknya Bunda segera minta maaf sama anak. tidak perlu malu, jelaskan pada anak, bahwa Kita marah bukan karena kesal melainkan karena orang tua terlalu sayang, dan menginginkan hal yang terbaik buat anak. beri anak pelukan dan ciuman, tunjukkan kasih sayang Bunda, hal ini akan membuat anak merasa nyaman dan menyadari bahwa orang tuanya sangat menyayangi mereka.

Saran kami, didiklah anak bunda sejak dini, karena biasanya jika sudah besar watak aslinya sudah terbentuk dan sulit di ubah. Serta berikanlah ilmu agama terhadap anak sejak kecil, dan jangan biarkan anak menonton acara TV yang tidak patut mereka tonton, karena hal tersebut akan membentuk karakter pribadinya. Ingat, anak kecil itu bagaikan kaset kosong, dia akan melakukan apa yang dilihatnya. sekian artikel tentang Cara mendidik Anak Agar Patuh Sama Orang Tua. semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel