Loading...

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Dengan Benar

Cara Merawat Bayi Baru Lahir Dengan Baik - Halo bunda, yuk simak artikelnya.. Bagi seorang wanita yang baru saja melahirkan dan memiliki anak, terkadang banyak sekali muncul pertanyaan. seperti bagaimana cara memandikan bayi dan berapa kali dalam sehari? Tentunya bagi seorang ibu yang baru memiliki anak hal itu terasa begitu kaku dilakukan, karena merawat bayi yang baru lahir harus memiliki ketelatenan yang baik. Namun Jika Kamu sudah terbiasa melakukan hal itu, cepat atau lambat akan terbiasa. nah untuk cara menangani bayi yang baru lahir sebaiknya bunda mengikuti cara dibawah ini. satu hal yang bunda harus tahu yaitu perawatan bayi yang baru lahir harus diperhatikan adalah perawatan kebersihan, seperti dibawah ini.

cara merawat bayi baru lahir

1. Asi Sangat Penting Untuk Bayi Baru Lahir

Asi adalah asupan gizi dan makanan yang terbaik untuk bayi, ini disebabkan karena asi telah terbukti khasiatnya. Kenapa bayi baru lahir harus terus diberikan ASI? Karena Asi merupakan anugrah tuhan yang sangat steril dan baik untuk kesehatan bayi, sehingga kebutuhan gizi yang terbaik untuk bayi baru lahir adalah ASI. terus lakukan pemberian ASI pada bayi bar lahir selama 6 bulan lamanya.

2. Mengganti Popok Bayi Dengan Benar

Bagi seorang bunda yang baru memiliki anak, tentu cara mengganti popok juga merupakan hal yang tidak biasa dilakukan, sehingga ada saja kerumitan sang bunda saat mengganti popok bayi. Cara mengganti popok ini memang sangat membutuhkan, karena secara tidak diduga si buah hati sering kali mengompol dan buang air besar, jadi kemungkinan bunda akan mengganti popok bayi sebanyak 8 kali atau lebih, dan setiap kali bayi buang air pasti bayi itu akan menangis, namun bisa saja bayi bunda menangis karena haus atau lapar. untuk itu sang bunda harus siap untuk memeriksa sang buah hati buang air atau tidaknya. jangan biarkan popok yang sudah kotor dibiarkan terlalu lama, karena biasanya popok itu akan ditumbuhi jamur atau bisa disebut juga dengan ruam popok.

3. Perawatan Mata Pada Bayi baru Lahir

Untuk ibu ketahui, bahwa pada mata bayi memiliki sumber air mata yang berada dibagian atas mata, dan setiap 4 detik sekali biasanya mata bayi akan mengeluarkan air mata, dan akan mengalir ke saluran dibagian ujung tengah mata yang dekat dengan hidung, sehingga membuat saluran lubang tersebut tersumbat, namun kadang terbuka dan tertutup kembali, Dengan demikian, salurannya tersebut masih tertutup. sehingga air mata yang seharusnya mengalir menjadi tergenang, untuk ibu sebagai bunda yang sigap anda harus memperhatikan ini.

4. Memandikan Bayi Yang Baik

memandikan bayi merupakan bagian yang cukup sulit, karena harus dilakukan dengan penuh ketelatenan dan hati-hati, bayi memiliki tulang leher yang masih lunak dan belum bisa untuk mengangkat kepalanya sendiri. untuk cara memandikannya, bunda bisa melihat suster yang berada dirumah persalinan. biasanya suster memandikan bayi dengan cara membalikkan tubuh bayi. tetapi jika Bunda belum bisa melakukannya sebaiknya hati-hati atau bunda bisa minta ajari dengan ibu atau mertua. karena memandikan bayi baru lahir tidak sama dengan memandikan anak yang sudah bisa duduk.

5. Perawatan Kulit Kepala Bayi Baru Lahir

hal ini memang cukup menjengkelkan, biasanya pada kulit kepala bayi akan timbul cradle crap atau kerak dikulit kepala. hal ini terjadi dikarenakan kepala bayi terkena p[olusi oleh debu dan udara. caranya cukup bersihkan kulit kepala bayi dengan air matang, namun lakukan ini setelah diberi obat oleh dokter, namun jangan lakukan keras-keras, karena biasanya kalau sudah dikasih obat oleh dokter kerak dikulit kepala bayi juga akan ngelotok dengan sendirinya.

Oke cukup segitu aja bunda, semoga informasinya bermanfaat. dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman bunda.


 Baca juga: