Loading...

Tips Cara Penyimpanan ASI Yang Benar

Tips Cara Penyimpanan ASI Yang Benar - Asi adalah makanan terbaik bagi bayi. Tidak ada yang menandingi kandungan yang ada di dalam ASI. Dengan memberikan ASI pada bayi anda, tentu saja kebutuhan nutrisi akan terpenuhi, anak menjadi sehat, cerdas dan tumbuh dengan sempurna.

Tapi saat ini banyak wanita karir yang bingung memilih memberikan ASI atau susu formula pada bayinya. Mereka bingung membagi waktu untuk bekerja dan untuk menyusui buah hati mereka. Sebagian orang mungkin lebih memilih untuk memberikan susu formula pada anak mereka, tapi sebagian lagi memilih untuk memberi Asi secara langsung. Bagaimana caranya membagi waktu ?

Anda tidak perlu khawatir. Saya memiliki tips bagaimana caranya membagi waktu unttuk memberikan ASI. Jika anda adalah seorang ibu yang sedang menyusui dan juga wanita karir, anda bisa menyimpan ASI untuk anak anda. ASI bisa dipompa ssebelum anda berangkat bekerja. Jika sudah dipompa, lalu bagaimana menyimpannya. Nah berikut ini adalah beberapa cara penyimpanan ASI untuk anak anda :

Tips Penyimpanan Asi Yang Benar

gambar penyimpanan asi


1. Jika anda menyimpan ASI di udara terbuka, misalnya di atas meja, Asi tersebut dapat bertahan hingga 6-8 jam. Selebihnya jangan memberikan ASI pada anak. Karena kandungan yang ada di dalamnya sudah tidak baik lagi.

2. Jika Asi anda simpan di dalam termos es, maka ASI bisa bertahan hingga 1 hari (24 jam). Tentu lebih lama dari pada di simpan di udara bebas.

3. Jika ASI anda simpan dalam lemari es, maka bisa bertahan lebih lama lagi yaitu sekitar 2 hari ( 2 x 24 jam). Ingat, ini adalah di lemari es, jadi bukan di freezer,

4. Jika anda menyimpan ASI di Freezer, ASI paling lama bisa bertahan. Tapi kini ada 2 macam freezer, yaitu freezer dengan 1 pintu dan freezer dengan 2 pintu. Untuk freezer dengan 1 pintu, ASI bisa bertahan hingga 3 bulan lamanya. Sedangkan untuk freezer 2 pintu, Asi bisa bertahan selama 2 minggu lamanya. Cukup lama juga ternyata. Ini bisa menjadi alternatif anda jika ingin menyimpan ASI untuk anak anda dalam jangka waktu yang cukup lama.

Baca juga :

Untuk itu tidak ada alasan anda untuk tidak memberikan ASI pada anak anda. Secara normal, ibu yang menyusui tiap hari akan memproduksi Asi. Biasanya tiap malam buah wanita ibu akan terasa penuh dan bengkak, ini dikarenakan produksi ASI yang berlebihan. Untu mengatasi hal ini, anda bisa melakukan perawatan "buah wanita" dengan cara mengompres "buah wanita" menggunakan air hangat. Setelah dikompres, Buah wanita bisa mengeluarkan ASI lebih lancar lagi, terutama bila di pompa. Setelah itu ASI bisa anda simpan dalam botol ataupun botol dot lalu disimpan sesuai kebutuhan. Itulah ulasan mengenai cara menyimpan ASI, semoga bermanfaat.