Manfaat Kandungan Asi Ekslusif Pada Bayi

Manfaat Kandungan Asi Ekslusif Pada Bayi - Jika anda adalah seorang ibu menyusui, mungkin istilah “ASI eksklusif” tidak terdengar asing di telinga anda. Asi eksklusif adalah asi yang diberikan secara terus menerus tanpa makanan pendamping lainnya pada bayi selama 6 bulan penuh. Sebenarnya, makanan terbaik untuk bayi adalah adalah ASI. Mengapa bisa ASI? Karena di dalam ASI terkandung berbagai macam zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan sangat kompleks. Sampai saat ini belum ada makanan ataupun zat lainnya yang mampu menandingi keajaiban Asi. Di dalam Asi juga terkandung zat imun tubuh yang bisa menjaga daya tahan tubuh si bayi dari berbagai macam penyakit. Untuk memberikan ASI, anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Anda hanya perlu makan yang bergizi dan mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil.

Apa saja manfaat Asi? Manfaat Asi bisa dikelompokkan menjadi manfaat ASI bagi Ibu dan juga manfaat ASI bagi Bayi. Berikut ini adalah beberapa manfaat ASI bagi ibu :

Manfaat ASI bagi Bayi Dan Ibu

manfaat kandungan asi

1. Menurunkan berat Badan Ibu
Dapat menurunkan berat badan ibu pasca melahirkan. Jika ibu rajin memberikan ASI-nya pada bayi, ini adalah salah satu langkah untuk menurunkan berat badan ibu. Jadi jika Bunda ingin cepat langsing pasca nelahirkan, ada baiknya berikan bayi ASI secara ekslusif

2. KB alami
Mungkin belum banyak yang mengetahui kalau menyusui adalah adalah salah satu dari cara KB alami. Apabila ibu memberikan Asi pada anaknya secara eksklusif 6 bulan, maka ini bisa mencegah terjadinya ovulasi. Ini sama saja dengan ibu melakukan KB.

3. Memperkecil Ukuran Rahim
Memberikan ASI eksklusif pada bayi, dapat memperkecil ukuran rahim ibu setelah melahirkan, sehingga bentuk perut bisa lebih cepat untuk kembali langsing lagi seperti sebelum hamil.

4. Menurunkan resiko Kanker
Beberapa penelitian tekah membuktikan bahwa menyusui bayi, bisa menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Mekanismenya adalah berhubungan dengan produksi hormon dalam tubuh.

Sedangkan manfaat ASI bagi bayi itu sendiri antara lain adalah :

1. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
Seperti yang telah dijelaskan di atas sebelumnya, bahwa dengan memberikan ASI pada bayi, maka sistem imun bayi akan meningkat dan bayi lebih kebal terhadap serangan penyakit dari luar.

2. Mencegah Infeksi
Ini ada hubungannya dengan sistem imun bayi yang tinggi, jadi jika anak Bunda sering diberikan Asi secara ekslusif maka sistem kekebalan pada tubuh bayi juga akan semakin baik, sehingga bayi juga tidak akan mudah sakit

3. Sumber energi
ASI merupakan sumber energi bagi bayi. Terlebih adalah ASI yang keluar pada hari ke 0-3 setelah melahirkan. ASI ini berwarna kekuningan, dan sering disebut sebagai kolostrum. Bagi orang awam, biasanya ASI ini dianggap basi dan langsung di buang, sebenarnya hal ini sangat salah.

4. Meningkatkan kecerdasan
Jika bayi diberi ASI eksklusif selama 6 bulan, bayi akan tercukupi nutrisi untuk otaknya. Sehingga semakin dia tumbuh dan berkmabang, maka anak akan tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Baca juga : Tips Cara Penyimpanan ASI Yang Benar

Jadi mulai sekarang tidak perlu ragu untuk memberikan ASI ekslusif pada bayi, karena manfaat kandungannya sangat besar untuk bunda dan si buah hati. Itulah pentingnya ASI eksklusif bagi bayi anda. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel