Loading...

Tips Mengawasi Tumbuh Kembang Anak Balita

Tips Mengawasi Tumbuh Kembang Anak Balita - Anak adalah karunia tuhan yang sangat besar bagi pasangan suami istri. Memiliki anak yang tumbuh sehat dan cerdas adalah dambaan bagi para orang tua. Untuk itu, perlu sekali untuk bisa memperhatikan tumbuh kembang anak anda sejak dini. Ini dilakukan agar kita tahu apakah anak kita tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya, apakah ada suatu kelainan. tentu sebagai orang tua Kita tidak ingin anak mempunyai kelainan. Kalau begitu langsung saja ya Bunda, Berikut ini akan Kami jelaskan proses tumbuh kembang bayi normal usia 1-9 bulan menurut stimulasi di bawah ini:

Stimulasi Tumbuh Kembang Anak

tumbuh kembang anak

1. Balita usia 1 bulan
Pertambahan panjang badannya mencapai 3.8 -4.4 cm perbulannya dan berat badannya bertambah 500-1300 gram tiap bulan. Balita sudah dapat tengkurap dan berusaha mengankat kepalanya serta berusaha menggenggam apa yang ada di telapak tangannya. Blita juga bereaksi terhadapa adanya cahaya dan juga suara.

2. Balita usia 2 bulan
Pertambahan panjang badan 3,2 – 3,7 cm / bulan dan pertambahan berat badan 500 - 1000 gram / bulan. Bayi bisa tersenyum responsif dan suka melihat benda-benda sekitar yang berwarna.

3. Balita Usia 3 bulan
Pertambahan berat badannya 2,8 - 3,2 cm / bulannya dan pertambahan berat badannya 500-900 gram tiap bulan. Bayi dapat mengamati mainan yang ada ditangannya dan mampu tertawa serta berteriak.

4. Balita Usia 4 bulan
Pertambahan panjang badannya 2,4 – 2,6 cm per bulan dan pertambahan berat badannya mencapai 500 – 700 cm per bulan. Biasanya bayi dapat menangkap dan memegang kerincingan dan juga bisa tertawa ketika diajak bercanda.

5. Balita Usia 5 bulan
Pertambahan panjang badannya mencapai 2,2-2,3 cm per bulan dan pertambahan berat badannya 500-600 gram per bulan. Bayi dapat menolehkan kepala dan mencari suara kertas yang berisik, bayi juga bisa mengucapakan kata-kata seperti da,da,da, mam, mam, mam.

6. Balita Usia 6 bulan
Pertambahan panjang badannya 1,9 – 2,1 cm per bulannya dan pertambahan berat badannya 300 – 400 gram per bulan. Bergembira dengan melemparkan benda-benda dan mengikuti mainan yang jatuh, bayi juga sudah mulai berceloteh dengan rangkaian kata-kata yang berubah-ubah.

7. Balita usia 7 Bulan
Pertambahan panjang badannya 1,6 cm dan pertambahan berat badannya 100 – 300 gram perbulannya. Bayi mampu mengubah posisi duduk untuk meraih mainan yang ada dalam jangkauannya.

8. Balita usia 8 Bulan
Pertambahan panjang badannya 1,4 – 1,5 cm perbulan dan berat badannya 100 – 300 gram perbulannya. Bayi bisa mengubah posisi duduk, makan biskuit sendiri dan bermain cilukba. Balita juga bisa berbisik.

9. Balita Usia 9 Bulan
Pertambahan panjang badannya adalah 1,3 cm per bulan dan berat badannya bertambah 100-300 gram perbulan. Balita mampu meraih mainana yang ada jauh dari jangkauannya, mencoba menarik mainan yang direbut darinya dan mampu mengambil mainan yang ada di dalam wadah.

Baca ini Juga Bunda :

Dengan cara memperhatikan perkembangan tubuh pada Anak, sehingga Bunda akan mengetahui apakah tumbuh kembang anak Bunda normal atau tidak, agar Bunda bisa mengantisipasinya sejak dini. Itulah proses tumbuh kembang bayi yang normal ketika berusia 1-9 bulan. Terma kasih sudah mmbaca artikel dari kami Bunda, jangan lupa bagikan artikel ini, jika bermanfaat. Semoga bermanfaat. :D