Loading...

Tanda-Tanda Bahaya Pada Kehamilan

Tanda-Tanda Bahaya Pada Kehamilan - Masa kehamilan membutuhkan ekstra perhatian yang sangat besar. Karena di masa kehamilan, terdapat 2 nyawa yang harus diselamatkan. Yaitu nyawa si ibu dan nyawa bayinya. Tidak jarang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama kehamilan karena kecerobohan dalam menjaga kesehatan.

Tidak semua kehamilan akan menunjukkan tanda-tanda yang normal. Ada beberapa bahkan saat ini mulai banyak ibu hamil yang mengalami beberapa masalah serius tentang kehamilannya. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari ikuti ulasan mengenai tanda bahaya kehamilan berikut ini :

Masa kehamilan dibagi menjadi 3 masa, yaitu 3 bulan pertama atausering disebut sebagai trimesterpertama, lalu 3 bulan kedua (trimester kedua) dan 3 bulan terakhir (trimester terakhir). Pada masing-masing masa kehamilan tersebut, biasanya terdapat beberapa tanda bahaya kehamilan yaitu :


Pada Trimester Pertama Kehamilan:

1. Awasi adanya perdarahan yang keluar lewat vagina.
Ini perlu dilakukan untuk mendeteksi secara dini terjadinya keguguran pada janin.

2.Awasi nyeri perut yang berlebihan
Nyeri perut yang berlebihan biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor. Dan yang paling dikhawatirkan adalah jika nyeri tersebut adalah karena kehamilan yang terjadi di luar kandungan. Nyeri yang berlebihan juga bisa di akibatkan karena tanda-tanda terjadinya keguguran.

tanda bahaya hamil
3. Mual Muntah Berlebihan
Sebenarnya hal ini adalah hal yang wajar bagi ibu hamil pada 3 bulan pertama kehamilannya. Namun jika ini berlangsung begitu paraha, maka ibu beresiko mengalami kekurangan cairan dan juag elektrolit. Ini sangat membahayakan kondisi ibu dan juag janinnya.

Pada Trimester Kedua Kehamilan:

1. Keracunan Kehamilan
Waspadai ini jika ada tanda-tanda seperti : ibu merasa pusing yang berlebihan, lemas, kaki bengkak, badan bengkak, tekanan darah tinggi. Biasanya mencapai 140 / 90 mmHg.

2. Perut Berkontraksi
Jika hal ini terjadi, waspadai terjadinya kelahiran prematur. Karena salah satu tanda dan gejala lahirnya bayi yang prematur adalah perut yang terasa berkontraksi terus menerus.

3. Ketuban Pecah Dini
Apabila ada air ketuban yang pecah terlebih dahulu, waspadai terjadinya kelahiran prematur. Segeralah ke pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pertolongan segera.

4. Pendarahan yang terjadi lewat jalan lahir
Waspadailah terjadinya perdarahan waktu melahirkan. Ini sangat membahayakan nyawa ibu dan juga bayinya.

Pada trimester Ketiga kehamilan:

1. Keracunan Kehamilan
Seperti pada trimester kedua tadi. Tetap waspadai adanya tanda-tanda ibu merasa pusing, lemas, kaki dan tangan bengkan serta tekanan darah yangtinggi yaitu 140 / 90 mmHg.

2. Perdarahan Lewat jalan Lahir
Waspadailah jika ada perdarahan melalui vagina. Mungkin in i terjadi karena kelainan letak plasenta atau mungkin plasenta yang terlepas dari tempat menempelnya di dalam lahir. Hal ini snagat membahayakan nyawa ibu dan juga anaknya.

Baca juga : Cara Ampuh Mencegah Sembelit Saat Hamil

Demikianlah beberapa tanda bahaya kehamilan. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya