Loading...

Cara Ampuh Mencegah Sembelit Saat Hamil

Cara Ampuh Mencegah Sembelit Saat Hamil - Sembelit saat hamil? hm.. itu masalah yang wajar dialami oleh seorang ibu Ladies. Bagaimana tidak? Saat hamil, perut ibu akan melakukan adaptasi terhadap munculnya bayi didalam rahim yang kemudian menimbulkan suatu perubahan yang cukup besar. Jadi tak heran ibu hamil sering mengalami konstipasi atau yang lebih sering disebut dengan sembelit. Lalu bagaimana cara mengatasinya? tenang Ladies, disini cintamela.com akan mengungkap rahasia pencegahan sembelit pada ibu hamil. Bagaimana caranya? Yuk kita simak bersama – sama.

Pertama, kita kenalan dulu ya dengan apa itu konstipasi hamil. konstipasi yang dialami seorang ibu saat ia hamil disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron yang kemudian mempengaruhi otot – otot untuk berelaksasi, termasuk otot pada pencernaan. Peristiwa tersebut membuat makanan bertahan di usus dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain karena peningkatan hormon progesteron, perkembangan janin yang mendesak rektum sang ibu juga merupakan penyebab ibu hamil susah buang air besar. Kondisi tersebut akan semakin parah jika sang ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dalam jumlah yang kurang.

Lalu, bagaimana cara menghindari konstipasi agar ibu hamil tetap merasa nyaman? Yuk kita simak beberapa tips berikut ini.

tips hamil

1. Konsumsi makanan kaya serat

Serat adalah kandungan makanan yang mampu membuat buang air besar menjadi lancar. Untuk itu, guna menghindari konstipasi, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat. Contoh makanan yang kaya akan kandungan serat adalah sereal, roti gandum, sayur – mayur, buah segar, beras merah dan kacang – kacangan.

2. Perbanyak minum air putih

Pada kondisi normal, manusia diharuskan meminum 2 liter air sehari. Hal tersebut berbeda dengan ibu hamil, dimana para peneliti sudah menyebutkan bahwa untuk menghindarkan ibu hamil dari konstipasi, ibu hamil perlu menambah jumlah air putih yang diminumnya setidaknya satu gelas. Untuk mendapat hasil maksimal, minum air hangat saat pagi hari.

3. Rutin berolah raga

Selain baik untuk kesehatan ibu dan janin, aktivitas olahraga juga dapat menghindarkan ibu hamil dari resiko penyakit konstipasi. Lakukan olahraga yang ringan seperti jalan – jalan, berenang, yoga, senam hamil, dan olahraga ringan yang lainnnya.

4. Jangan suka menunda buang air

Jangan menunda jika kalian merasakan ingin buang air besar. Jika ditunda, kemungkinan besar akan menjadikan ibu hamil mengalami konstipasi. Jika ingin buang air besar saat dalm perjalanan, kalian bisa meminta suami atau supir untuk berhenti sejenak di pom bensin terdekat.

Baca juga : Cara Memilih Lotion Bayi Yang Bagus Dan Aman

Itulah cara mencegah sembelit pada ibu hamil. segera periksakan diri ke dokter apabila saat buang air besar anus terasa sakit, tinja berlendir dan tak jarang diikuti oleh diare. Walaupun kondisi tersebut tidak berbahaya, namun jika dialami oleh ibu hamil maka ia tidak akan merasa nyaman. Sekian artikel cara ampuh mencegah sembelit saat hamil. semoga bermanfaat Bunda.. :D

Baca artikel lainnya