Loading...

KUMPULAN RESEP CARA MEMBUAT NUGGET IKAN, SEHAT DAN ALAMI

Kumpuan resep cara membuat nugget ikan, hello bunda kali ini akan saya share kumpulan resep nugget ikan yang super enak hasil uji coba di dapur.  Apabila bunda udah pernah membuat nugget ayam, atau nugget sayur, atau nugget tahu di rumah tapi hasilnya kurang memuaskan, coba aja resep nugget ikan berikut ini.
cara membuat nugget ikan
resep nugget ikan

Selain  memiliki  rasa yang lezat, nugget ikan juga sangat berguna  untuk meningkatkan pertumbuhan otak anak karena ikan mengandung asam lemak omega-3 (dalam bentuk DHA maupun EPA ). Dimana kedua komponen tersebut sangat penting untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak. Nah untuk ikan yang dipakai itu tergantung selera bunda, bisa pakai ikan lele, ikan tengiri, ikan tuna, ikan tongkol, ikan salmon, ikan nila ikan kakap dll. Berikut ini kumpulan resep cara membuat nugget ikan spesial untuk bunda yang gemar memasak makanan sehat.

RESEP NUGGET IKAN TONGKOL

Tadinya cuman mau iseng iseng bikin nugget ikan tongkol karena kebetulan lagi ada stok tongkol banyak di kulkas, tapi ternyata rasanyaa superrrrr bunda..!! Sekarang dari pada beli nugget di swalayan lebih baik bikin sendiri aja nuggetnya. Berikut resep nugget ikan tongkol, selamat mencoba :)
cara membuat nugget ikan tongkol
nugget ikan tongkol

Bahan membuat nugget ikan tongkol

1.      250 g tepung terigu
2.      1 ikan tongkol,digiling
3.      5 siung bawang putih,haluskan
4.      secukupnya merica bubuk
5.      secukupnya garam
6.      minyak goreng
7.      saus sambal
8.      1 telur
9.      2 putih telur
10.   50 g tepung terigu
11.   tepung roti

Cara Membuat Nugget Ikan Tongkol

  • Masukkan ikan tongkol yang sudah di giling ke dalam wadah, lalu campurkan dengan tepung terigu, aduk
  • Sesudah adonan selesai, masukan bahan-bahan lainnya, kecuali 2 putih telur dan tepung roti, aduk hingga rata
  • Setelah selasai, kukus adonan dengan menggunakan loyang. Siapkan panci terlebih dahulu sebelum mengukus, setelah panas, masukkan adonan kedalam panci, tunggu kira-kira 30menit
  • Angkat adonan lalu dinginkan. Potong-potong sesuai bentuk yang di inginkan
  • Sesudah di potong, gulingkan ke dalam tepung terigu, lalu celupkan ke dalam putih telur dan gulingkan ke dalam tepung roti, lakukan hal tersebut sampai adonan habis
  • Panaskan minyak goreng, lalu goreng nugget hingga berwarna keemasan, lalu tiriskan
  • Nugget tongkol siap di sajikan dengan saus sambal
  • Selamat mencoba resep nugget ikan tongkol nya ya...
========================================================================

RESEP NUGGET IKAN TUNA

Bosan dengan nugget ayam, pas kebetulan ada ikan tuna, daripada hanay di goreng coba coba bikin nugget tuna, eh malah lebih enak dan gurih ternyata, jadi favorit si kecil deh. Berikut resep nugget ikan tuna, selamat mencoba

cara membuat nugget ikan tuna
resep nugget ikan tuna

Bahan Nugget Ikan Tuna

  • 500 gr ikan tuna (filet ambil dagingnya saja)
  • 2 butir telur
  • 1 bh wortel (parut kasar dgn parutan keju)
  • 1/4 bawang bombay ukuran besar (cincang kecil2)
  • 1 sdt garam halus
  • 4 siung bawang putih (haluskan)
  • merica 1 sdt (haluskan bersama baput)
  • secukupnya daun bawang (potong kecil2)
  • 1 sdm saus tiram
  • 3 sdm sagu
  • 1 sdm terigu
  • secukupnya penyedap rasa
  • 1 sdm gula

Cara Membuat Nugget Ikan Tuna

  • Blender ikan tuna bersama 2 bh telur smpai halus
  • Panaskan kukusan
  • Masukkan ikan tuna halus kedalam wadah, tambahkan wortel, bawang bombay, daun bawang, bawang putih dan merica, garam, penyedap rasa, saus tiram dan gula
  • Aduk rata..
  • Tambahkan tepung sagu dan terigu. Aduk rata kembali.
  • Olesi cetakan dengan minyak goreng. Lalu masukkan adonan. Ratakan...
  • Kukus higga matang. (Tes lidi)
  • Setelah matang. Angkat. Keluarkan dr cetakan. Potong sesuai selera.
  • Celup di telur, baluri dengan tepung roti.
  • Simpan dikulkas semalaman. Bru digoreng (didiamkan slama 2 jam juga bisa)
  • Selamat mencoba resep nugget ikan tuna nya ya...
========================================================================

RESEP NUGGET IKAN LELE WORTEL

Pengen menikmati ikan lele tanpa perlu ngerasain ilfil gara2 liat durinya. karena pernah punya pengalaman yang ga enak dengan duri. Ternyata ikan lele dibikin nugget enak banged, gurih, rasa mirip2 nugget ayam tp tekstur lbh lembut. Berikut resep nugget ikan lele wortel selamat mencoba.

cara membuat nugget ikan lele
nugget ikan lele

Bahan membuat nugget ikan lele

1.      6 ekor ikan lele ukuran sedang
2.      1 butir telur ayam
3.      1 buah wortel (diparut)
4.      Daun seledri secukupnya (dirajang)
5.      4 siung bawang putih
6.      3 sdm tepung terigu
7.      3 sdm tapioka
8.      Tepung panir dan larutan tapioka sebagai bhn pencelup
9.      secukupnya Garam dan merica

Cara membuat nugget ikan lele

  1. Kukus lele kurleb 10 mnt, pisahkan daging dari tulang dan kemudian digiling (saya pake blender bumbu kering^^)
  2. Campur daging lele, wortel, seledri, bawang putih+merica (yg sudah dihaluskan, telur dan garam
  3. Aduk hingga rata dan kalis.
  4. Siapkan loyang yg sdh diolesi minyak. Masukkan adonan lalu kukus kurleb 20 menit.
  5. Setelah masak dan didinginkan terlebih dahulu, nugget diiris, dilumuri tepung terigu, dicelup dalam larutan tapioka (bisa jg pake telor) dan kemudian dilumuri panir.
  6. Goreng nugget hingga matang atau simpan nugget dlm kulkas sebelum digoreng.
  7. Selamat mencoba resep nugget ikan lele nya ya...
========================================================================

RESEP NUGGET IKAN TENGGIRI

Kebetulan kemaren habis dari pasar beli ikan tenggiri.  Bingung mau dimasak apa, akhirnya kepikiran bikin nugget ikan tengiri aja buat si adik,sekalian d tambahin sayur biar tambah bergizi. berikut resep nugget ikan tengiri. selamat mencoba :)

 
cara membuat nuggetikan tengiri
nugget ikan tengiri




Bahan nugget ikan tengiri

  • 500 gr ikan tenggiri
  • 1/2 batang wortel
  • 1 batang daun bawang
  • 60 gr tepung terigu
  • 15 gr tepung sagu
  • 1 butir telur
  • 1 batang seledri
  • 1/2 bulat bawang bombay
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm margarin,untuk menumis
  • bahan pelapis:
  • tepung panir
  • bahan pencelup:
  • 6 sdm tpg sagu
  • 4 sdm air

Cara membuat nugget ikan tengiri

  • Cuci bersih ikan lalu kukus 10 menit,angkat.ambil dagingnya
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih dgn margarin hingga wanggi
  • Blender ikan dan tumisan bawang hingga halus dan tercampur rata.(sy tambahin air dikit biar si blender gak ngambek)
  • Satukan semua bahan lalu aduk rata.untuk koreksi rasa bs d goreng sedikit adonan
  • Oles tipis loyang dgn minyak.lalu masukkan adonan nugget.kukus hingga matang kurleb 20-30 menit.jgn lupa tutup panci d lapis serbet
  • Setelah matang dinginkan.keluarkan dari loyang,potong sesuai selera
  • Masukkan potongan nugget ke bahan pencelup lalu ke bahan pelapis.hingga adoanan habis
  • Simpan d wadah kedap udara taro d freezer.sewaktu2 mau tinggal goreng dgn api sedang
  • Selamat mencoba resep nugget ikan tengiri nya ya...
===================================================================

RESEP NUGGET IKAN PATIN

Anakku yang besar suka banget makan ikan, pas kebetulan kemaren beli ikan patin daripada hanya di goreng rasanya begitu begitu saja, nyoba di masak menjadi nugget, dan jadilah nugget ikan patin yang uenak.... berikut resep nugget ikan patin, silahkan dicoba...

 

cara membuat nugget ikan patin
nugget ikan patin


Bahan membuat nugget ikan patin



  1. 250 gr daging ikan patin(sudah difilet)
  2. 3 sdm tepung terigu
  3. 2 sdm tepung roti
  4. 1 butir telur
  5. 1 batang wortel (potong kecil2)
  6. 2 batang buncis (potong kecil2)
  7. 1 batang kecil daun bawang(iris tipis)
  8. 2 siung bawang putih
  9. 1/4 sdt lada bubuk
  10. secukupnya garam
  11. penyedap (royco)
  12. lapisan :
  13. 3 sdm tepung terigu
  14. secukupnya tepung roti
  15. secukupnya air
  16. minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat nugget ikan patin

  1. Haluskan filet ikan patin dengan food procesor, jika tidak ada bisa pakai blender
  2. Haluskan bawang putih, kemudian tumis hingga harum. Masukan wortel,buncis dan daun bwang yang telah di potong2
  3. Tambahkan garam,lada bubuk dan penyedap aduk rata.
  4. Setelah semua layu campurkan dalam satu wadah,masukan telur,tepung terigu dan tepung roti lalu aduk rata. Masukan ke dalam wadah/cetakan yang diinginkan lalu kukus 30 menit hingga matang
  5. Setelah dikukus, potong2 sesuai selera. Kemudian masukan kedalam larutan terigu dan air lalu gulingkan ke dalam tepung roti
  6. Goreng nugget dalam minyak panas hingga coklat keemasan.
  7. Tadaaaa.. nugget ikan patin sudah jadi. selamat mencoba resep nugget ikan patin nya ya...
Itulan kumpulan resep nugget ikan dan cara membuat nugget ikan, jika bunda suka silahkan di simpan atau di share di FB supaya lain kali kalau membutuhkan resep nugget ikan ini bisa langsung ketemu. Baca juga artikel lainnya....

cara membuat nugget ikan, resep nugget ikan, cara membuat nugget ikan lele, cara membuat nugget ikan tuna, cara membuat nugget ikan tongkol, cara membuat nugget ikan tenggiri, resep nugget ikan patin, resep nugget ikan tenggiri, resep nugget ikan tuna, resep nugget ikan lele, cara membuat nugget dari ikan, cara membuat nugget dari ikan lele, cara membuat nugget ikan salmon, cara membuat nugget ikan nila, cara membuat nugget ikan laut, cara membuat nugget ikan kakap, cara membuat nugget ikan patin, resep nugget ikan sayur, cara membuat nugget dari ikan tongkol, cara membuat nugget ikan hiu, cara membuat nugget ikan dori, cara membuat nugget pabrikan, cara membuat nugget ayam atau ikan, cara membuat nugget ayam dan ikan, cara membuat nugget ikan ayam, nugget ikan, cara buat nugget ikan, cara bikin nugget ikan, resep membuat nugget ikan, membuat nugget ikan, resep nugget ikan campur sayuran, resep nugget ikan laut, cara pembuatan nugget ikan, cara membuat nugget ikan bandeng, bikin nugget ikan, resep buat nugget ikan, pembuatan nugget ikan, resep nugget ikan untuk balita, buat nugget ikan, resep nugget ikan isi wortel, resep bikin nugget ikan, cara bikin nugget ikan tuna, nugget ikan laut, resep membuat nugget ikan lele, aneka resep nugget ikan, membuat nugget ikan sendiri, bisnis nugget ikan, cara buat nugget ikan lele, cara buat nugget ikan tuna,