Loading...

CARA MEMBUAT NUGGET AYAM SENDIRI DI RUMAH - KUMPULAN PENGALAMAN PRIBADI

Cara membuat nugget ayam - Helo bunda kali ini aku akan share resep nugget ayam dari hasil berkreasi di dapur, karena memang anak-anakku seneng sekali sama nugget jadi sering sekali membuat nugget ayam dengan berbagai macam variasi campuran mulai dari nugget ayam, nugget sayur, nugget ikan, nugget tahu, nugget tempe, nugget wortel dan lain lain. nanti akan saya update semuanya di artikel ini resep, bahan dan cara membuat nugget yang pasti enak, praktis dan ekonomis.
Biasanya nugget ini saya hidangkan di pagi hari sebagai salah satu menu sarapan praktis dan cepat untuk bekal sekolah anak-anak dan juga sarapan pagi sekeluarga. Ada banyak macam cara untuk membuat nugget ayam bisa dengan cara digiling atau di blender, bisa juga dengan cara dicincang kecil dan halus kemudian dicetak dengan bentuk atau karakter tententu. berikut kumpulan resep cara nugget ayam nya:

RESEP CARA MEMBUAT NUGGET AYAM PALING SIMPLE DAN PRAKTIS


Ini menurutku resep nugget ayam paling simple dan irit bahan tapi rasanya sudah mantab :)

cara membuat nugget ayam
resep nugget ayam

 Bahan Utama Membuat Nugget Ayam

·           1/2 Kg daging ayam giling  atau dicincang halus
·           50 gram keju cheddar diparut
·           2 butir telur ayam, usahan cari yang besar
·           4 siung bawang putih
·           1/4 sendok teh garam
Bahan Panir :


·           150 gram tepung roti
·           2 butir telur, kocok lepas
·           Minyak untuk menggoreng


Cara Membuat Chicken Nugget :

1.    Cuci dan potong daging ayam agak tipis, lalu blender ayam sedikit sedikit (biar blender gak gampang macet dan rusak, atau boleh juga dibawa ke pengilingan daging) - masukkan telur dan air lalu blender lagi hingga tercampur.
2.    Tuang di wadah yang sudah disiapkan, tambahkan tepung bumbu, garam, gula lalu aduk hingga rata
3.    Panaskan dandang... lalu tuang adonan di wadah, kukus kuran lebih 20 menit, tes tusuk untuk mengecek sudah matang apa belum, klo sudah diangkat dan didinginkan.
4.    Setelah dingin potong kira 3cmx3cm dg ketebalan 1 cm ato terserah selera yg penting tipis.
5.    Setelah d potong masukan ke bhn celupan dan gulingkan ke tepung roti..
6.    Setelah selesai masukkan d freser.agar tepung roti menempel.
7.    Ambil dan goreng hingga keemasan..angkat sajikaann....
8.    Sisa utk stok....taruh d fresser dg wadah tertutup.
9.  Selamat mencoba dan membuat nugget ayam ya bunda.... :)

RESEP NUGGET SAYUR WORTEL + AYAM

Karena anak-anak ga begitu suka sayuran, maka harus pinter2 nih bikin lauk yg variasi tapi tetep ada unsur sayuran di dalamnya. salah satunya adalah dengan membuat nugget sayur wortel.
cara membuat nugget sayur
resep nugget sayur

Bahan Utama Membuat Nugget Sayur Wortel

1.      1/2 Kg dada ayam di haluskan pakai blender
2.      1 buah telur ayam utuh
3.      2 buah wortel parut pake parutan keju ya
4.      bumbu halus :
5.      4 buah, baput
6.      2 buah, kemiri
7.      set sdt, lada bubuk
8.      secukup nya garam,
9.      secukup nya masako ayam
10.   untuk ulasan : 2 telur ayam utuh kocok biasa dan secukupnya tepung roti

Cara membuat Nugget Sayur Wortel

·           Pertama campurkan ayam yang sudah digiling dengan bumbu halus dan wortel yang sudah diparut
·           Kedua masukan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk. Lalu tes rasa.
·           Siapkan loyang yang sudah di baluri minyak rata (biar ga lengket pas dikukus) masukan adonan ke loyang kemudian kukus dengan api sedang selama 20 menit. Oiya moms agar adonan ga ketambahan uap air tutup panci di kasih lap bersih ya.
·           Setelah 20 menit ambil loyang dinginkan dan potong2 sesuai selera.
·           Baluri potongan nugget kedalam kocokan telur lalu gulingkan ke tepung roti.
·           Goreng sampai ke emasan dengan api sedang moms
·           Selamat mencoba dan membuat nugget sayur ya bunda.... :)

RESEP NUGGET IKAN LELE TANPA MSG

Si adik sebenarnya suka sama ikan lele tapi paling  ga suka klo ada kulit luarnya.... Tapi akhir2 ini si adik ga mau lagi....kalau ditanya jawabnya "ada hitam2nya bunda".....makanya saya coba buatkan nugget ikan lele...agar si kecil kembali suka lagi dengan ikan lele..... dan ternyata eh.... suka.... sekali.... :) Yuk dicoba resep nugget ikan lele tanpa MSG ini..


cara membuat nugget ikan

Bahan Nugget Iklan Lele

·           250 gram ikan lele, diambil dagingnya dan dihaluskan (bisa diganti dengan ikan tuna, ikan tongkol, ikan tengiri sesuai selera)
·           2 siung bawang putih, kupas dan diparut
·           50 gram tepung tapioka
·           1 sdm susu bubuk
·           1 sdt garam
·          1 butir telur


Bahan Pelapis nugget :


  • butir telur, diambil putihnya
  • tepung roti Secukupnya 

Cara Membuat Nugget Ikan Lele

·           Campurkan ikan lele, parutan bawang putih, telur, tepung tapioka, garam dan susu bubuk, aduh sampai merata.
·          Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan margarin.
·           Kukus selama 20 menit sampai matang dan dinginkan, lalu dipotong atau dicetak nugget ikan lele sesuai selera.
·           Celupkan nugget ikan lele ke dalam putih telur, lalu gulingkan ditepung roti hingga semua terlapisi. (Kalau pengen hasilnya lebih bagus masukkan dulu ke flezer ya )
·           Goreng dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan..
·           Selamat mencoba dan membuat nugget ikan ya bunda.... :)

RESEP NUGGET TAHU + AYAM + BROKOLI

Jujur saja kalo saya beli makanan diluar agak kawatir.... takut sama bahan pengawet & MSGnya. Makannya saya jarang beli2 makanan siap saji gt. Kemarin kepasar beli tahu putih banyak. Kalo suami sukanya cuma dibuatin tahu bulat. Bosen juga lama lama tiap beli tahu dibikin tahu bulat.. :D
Akhirnya mencoba bikin nuget tahu..... campur bahan yg ada... saya campur ayam bun. Telurnya hanya untuk baluran saja, ditambah brokoli biar ada unsur hijaunya.... Yang penting sehat tanpa MSG, pengawet & yg pasti kebersihannya terjamin. berikut resep nugget tahu nya:😊



cara membuat nugget tahuu
resep nugget tahu

Bahan Membuat Nugget Tahu ayam Brokoli

1.      400 gram daging ayam yg sudah digiling atau di cincang lembut ga papa
2.      4 buah tahu putih. (saya bikin  potongan kotak2 bun)
3.      Brokoli 1/4 kilo (diambil bunga nya saja)
4.      1 butir telur ayam
5.      Secukupnya garam
6.      Sedikit gula pasir, lada putih dan royco (boleh skip kl ga pakai)
7.      Bahan pelapisnya : 3 butir telur ayam utuh dan tepung roti secukupnya

Cara Membuat Nugget Tahu

1.      Panaskan panci untuk mengukus sambil mengaduk tahu biar hancur dengan sendok atau garpu sampai halus. Dan blender brokoli tanpa air. (Tekstur brokoli sy buat masih kasar2 bun  biar kerasa dilidah hehe)
2.      Campurkan daging ayam yg sudah digiling bareng dengan brokoli, tahu dan telur
3.      Masukan semua bumbu dan aduk sampai rata. Tes juga rasanya rasa. klo kurang asin silahkan tambahi garam
4.      Masukan ke loyang yg sudah di olesi minyak goreng dan dikasih alas kertas roti. Kukus kurang lebih 20 menit dengan api sedang.
5.      Jika adonan sudah kelihatan matang, tes tusuk dulu klo sudah angkat dari loyang lalu tunggu dingin dan potong2 sesuai selera.
6.      Siapkan telur yg sudah dikocok dan tepung roti. Balurkan potongan nugget di kocokan telur lalu ke tepung roti.
7.      Tinggal goreng sampai keemasan. Punya sy jdi 56 potongan. 

selamat mencoba dan membuat nugget tahu.... :)


RESEP NUGGET TEMPE CRISPY

Menu ini pas banget bagi yang suka tempe. Mudah sekali bikinnya. Rasanya.. Silahkan dicoba sendri bikin. Siapa tau cocok dengan bunda. Kalo saya Ini udah jadi menu andalan kalau stok tempe lagi banyak. Awet sekali, adonannya bisa dibikin banyak dan disimpan dikulkas, kalau pingin tinggal digoreng. Recomended banget pokonya :)
Berasaaa..... sekali bumbunya. berikut resep nugget tempe nya :



cara membuat nugget tempe
resep nugget tempe

Bahan Untuk Membuat Nugget Tempe

1.      2 buah tempe, potong-potong kecil. lalu kukus
2.      1/2 bungkus tepung sajiku kecil
3.      2 sdm tepung terigu
4.      1 butir telor
5.      bumbu halus:
6.      1 buah bawang merah besar
7.      3 buah bawang putih
8.      secukupnya ketumbar
9.      1/2 sdm ladaku
10.   masako secukupnya (optional)
11.   garam secukupnya

Cara Membuat Nugget Tempe

1.      Haluskan tempe yang sudah dikukus (saya pakai ulekan)
2.      Ulek bumbu hingga halus. Masukkan kedalam tempe yang sudah di haluskan tadi.
3.      Masukkan tepung terigu, tepung sajiku dab telor dan aduk hingga merata
4.      Tambahkan ladaku, masako dan garam secukupnya. Aduk sampai merata
5.      Masukkan kedalam wadah. Lalu dikukus lagi 20 menit
6.      Tunggu dingin. Lalu potong-potong nugget sesuai selera
7.      Untuk nugget crispy (seperti di foto) Larutkan 1 sdm tepung sajiku dan 2 sdm tepung terigu. Aduk sampai tidak terlalu cair ataupun kental. Ambil potongan nugget lalu celupkan ke adonan tepung. Lalu goreng sebentar sampai kuning keemasan. Nugget crispy siap di santap!
8.      Untuk nugget original (tidak saya poto) Siapkan putih telor, ambil potongan nugget, lalu celupkan. balurkan ke tepung panir. Goreng..
9.      Selamat mencoba dan membuat resep nugget tempe nya ya bunda.....


Tips:
Silahkan di variasikan dengan berbagai macam bahan campuran khususnya sayur-sayuran untuk mensiasati agar anak-anak mau makan sayuran. Demikian kumpulan resep dan cara membuat nugget ayam sendiri di rumah yang praktik, mudah dan ekonomis. mudah-mudah anak-anak semakin lahap dalam makan.....

Baca juga artikel lainnya: